• UNIVERSITAS ISLAM SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN
  • Jl. Jendral Sudirman No.30 Serang - Banten
  • Call us (0254) 200323
Fakultas Dakwah Gelar Workshop Akreditasi 9 Kriteria
  • Fada
  • Politik
  • Nov 30, 2021

Serang, fada@uinbanten.ac.id --- Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten melaksanakan Workshop Akreditasi 9 Kriteria dengan tema "Akreditasi 4.0 Menuju Fakultas Dakwah yang Unggul". Kegiatan workshop ini dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 29-30 November 2021, dan diikuti oleh pihak Dekanat Fakultas Dakwah, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Universitas, dan para Gugus Mutu di lingkungan Fakultas Dakwah.

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan workshop akreditasi ini adalah Sekretaris Majelis BAN-PT, yakni Prof. Dr.rer.nat. Imam Buchori, S.T. Dalam materinya, beliau menyampaikan perjalanan akreditasi 7 standar dan perubahannya menjadi 9 kriteria. Hal tersebut dimaksudkan agar seluruh peserta mendapatkan pemahaman filosofis dari akreditasi itu sendiri.

Harapannya akreditasi tidak dianggap sebagai kegiatan baru, yang biasa dilaksanakan ketika menjelang berakhirnya masa akreditasi. Akan tetapi, ini harus menjadi sebuah sistem dan cara kerja yang saling berkaitan satu dengan lainnya melalui pengendalian mutu. Oleh karena itu, kehadiran gugus mutu sebagai pelaksana sistem penjaminan mutu internal dalam pengendalian mutu sangatlah penting. Jika sistem penjaminan mutu internal berjalan secara konsisten, maka kriteria unggul menjadi sebuah keniscayaan.

Selain itu, akreditasi perguruan tinggi khususnya pada program studi merupakan salah satu bentuk tanggungjawab penyelenggara pendidikan tinggi kepada stakeholder untuk menghasilkan lulusan yang memenuhi syarat. Hal itu merupakan cerminan dari keseluruhan keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil dan dampak, atau kinerja program studi. Ini semua dilakukan agar dapat mencetak lulusan yang memenuhi syarat sesuai dengan kebutuhan stakeholder.