Studium Generale: "Peluang dan Tantangan Konselor di Era Revolusi Industri 4.0"

Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin menyelenggarakan Studium Generale bertajuk "Peluang dan Tantangan Konselor di Era Revolusi Industri 4.0" yang diselenggarakan pada Selasa (19/3) di Aula Prof. Syadzli Hasan Lt. 2. Acara ini menghadirkan Maya Sita Darlina, S.Psi, M.Si, Psychologist, Koordinator Program Layanan Psikososial Dompet Dhuafa dan psikolog profesional di berbagai perusahaan.

Revolusi Industri 4.0 telah mengubah hidup dan kerja manusia secara fundamental. Kemampuan untuk menghadapi perkembangan teknologi tidak bisa lagi dipungkiri. Konselor harus menampilkan sikap diri yang profesional, memiliki keterampilan dalam menghadapi masalah, dan memahami keterampilan yang kuat. Ujar Maya Sita Darlina, "Menjadi konselor harus tetap menaati kode etik, dan untuk menjadi konselor yang profesional harus jujur,empati,dan memiliki kualitas, dipercaya, dan menjaga kerahasiaan dari orang tersebut. Perbedaan konselor pada zaman dulu dan masa sekarang hanya pada perubahan konteksnya, akan tetapi harus tetap mematuhi kode etik konselor"

Tantangan di era milenial harus dihadapi dunia konseling dengan cara yang tepat. Konselor tidak bisa menutup diri dari perkembangan teknologi. Kemajuan teknologi yang tidak terbendung menjadi peluang sekaligus tantangan bagi dunia konseling. Maka penggunaan media sosial, bimbingan konseling berbasis media online seperti instagram, website konseling, cybercounseling, e-counseling dan sebagainya. (Zn_

 

Berita Terkait