KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Keberadaan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam termasuk jurusan yang cukup dinamis, mengikuti perkembangan dan dinamika kelembagaan. Jurusan KPI sendiri merupakan embrio atau cikal bakal kelahiran Fakultas Dakwah UIN SMH Banten. Perkembangan Jurusan KPI telah mengalamai beberapa tahapan perkembangan secara kelembagaan, sebagai berikut :

  • Keberadaan Jurusan KPI sendiri dimulai sejak tahun 1997, tepatnya pada tanggal 1 Agustus 1997 berdasarkan SK Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (STAIN SMH) Banten No. ST. 29/HK.00.5/471/1997 sebagai salah satu Jurusan/Prodi di STAIN SMH Banten.
  • Perubahan status STAIN SMH Banten menjadi Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (IAIN SMH) Banten berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 91 tanggal 18 Oktober tahun 2004 yang disusul dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2005 tentang Organisasi Tata Kerja IAIN SMH Banten. Berdasarkan Organisasi Tata Kerja tersebut Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam termasuk dalam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.
  • Pada tahun 2013 Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam termasuk dalam Fakultas Ushuluddin Dakwah dan Adab, sesuai dengan perubahan Ortala IAIN SMH Banten PMA No. 10 tahun 2013 di mana Fakultas Ushuluddin dan Dakwah ini berubah nama menjadi Fakultas Ushuluddin, Dakwah dan Adab, dengan bergabungnya jurusan SKI dan Sastra Arab di dalamnya.
  • Jurusan yang ada di Fakultas ini terus bertambah, disusul dengan berdirinya Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) yang berdiri pada tanggal 14 Maret 2014 sebagaimana tertera dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam nomor 1469 Tahun 2014.
  • Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, bersama dengan Jurusan Bimbingan Konseling Islam serta Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam kemudian menjadi bagian dari Fakultas Dakwah yang berdiri sendiri terpisah dari Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUDA)
  • Pendirian tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten tentang keberadaan Fakultas Dakwah di UIN SMH Banten, maka Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam menjadi salah satu jurusan dari FakultasDakwah UIN SMH Banten.Visi, Misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam merupakan acuan pokok seluruh aktivitas belajar dan mengajar, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat civitas akademika Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam merupakan turunan dari visi, misi, tujuan, dan sasaran dari Fakultas Ushuluddin, Dakwah dan Adab yang juga merupakan penjabaran dari visi, misi, tujuan, dan sasaran Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan terkait kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi.