Visi, Misi dan Tujuan Jurusan KPI

Visi

Visi Progam Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah Terwujudnya Jurusan yang Unggul dan Kompetitif dalam Bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam pada tahun 2019.

Rumusan visi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam memiliki kesinambungan dengan visi Fakultas Ushuluddin, Dakwah dan Adab, yaitu Terwujudnya Fakultas yang Unggul dalam Bidang Keilmuan Ushuluddin, Dakwah dan Adab pada tahun 2019.

Visi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam berusaha menjadi Jurusan yang unggul dan kompetetitif dalam bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam yang dapat mencetak lulusan menjadi praktisi dakwah dan komunikasi yang cerdas dan dinamis atau menghasilkan calon-calon praktisi dakwah dan komunikasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap dunia dakwah dan komunikasi, terutama dengan segala tantangan yang selaras dengan akselerasi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada tahun 2019.

Selain itu, para lulusan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam dibekali dengan kemampuan untuk mengintegrasikan aspek keislaman, keilmuan, kemanusiaan dan keIndonesiaan dalam setiap aktivitasnya sebagai praktisi dakwah dan komunikasi.

Visi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam sangat jelas dan realisasinya dapat dimungkinkan, mengingat Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam memiliki beberapa faktor pendukung, antara lain:

  1. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam memiliki 9 (sembilan) orang dosen tetap minimal bergelar magister dan 3 (tiga) orang dosen tetap bergelar Doktor.
  2. Rumusan visi telah ada kejelasan waktu pencapaian, yaitu tahun 2019.
  3. Memiliki sarana dan prasarana yang sangat memadai, baik dari jumlah maupun kualitas, seperti adanya air conditioner, whiteboard, proyektor (LCD), ruang laboratorium dakwah, laboratorium (studio) televisi, laboratorium (studio) radio, ruang laboratorium multimedia, ruang perpustakaan dan ruang pertemuan.
  4. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam memiliki potensi sebagai penghasil lulusan yang mampu terjun dalam industri media, baik media cetak, media radio, media televisi, maupun media online, seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan perubahan regulasi dari pemerintah.
  5. Secara geografis Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam terletak di ibu kota Provinsi Banten, Kota Serang, yang sedang berkembang pesat, sehingga memberi kemudahan untuk diakses dari berbagai wilayah, baik dari kabupatan/kota lain di Provinsi Banten, maupun kabupaten/kota di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Lampung.

 

Misi

Adapun yang menjadi misi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah:

  1. Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam yang unggul dan berkualitas.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat sesuai dengan bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam.
  4. Memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai pihak dalam bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam.

 

Tujuan

Berdasarkan misi di atas, maka tujuan dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah:

  1. Melahirkan Sarjana Komunikasi dan Penyiaran Islam yang unggul dan kompetitif pada tingkat regional dan nasional.
  2. Melahirkan Sarjana Komunikasi dan Penyiaran Islam yang mampu mengembangkan dan memberikan kontribusi dalam bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam.
  3. Melahirkan Sarjana yang memiliki wawasan dan keterampilan dalam bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam.
  4. Sarjana yang mampu melakukan penelitian di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam.