Visi, Misi dan Tujuan Jurusan PMI

Visi

‘Terwujudnya Program Studi yang Unggul, Kompeten dan Terdepan dalam Pengajaran dan Pengkajian Bidang Pengembangan Masyarakat Islam Tahun 2023’

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada pengembangan masyarakat Islam dan khazanah keislaman, baik yang bersifat teoretis maupun aplikatif.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan khazanah keislaman dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan masyarakat Islam.
  3. Menjadi pusat pengembangan masyarakat Islam yang dapat memberikan kontribusi atau menyelesaikan permasalahan-permasalahan di masyarakat luas, khususnya masyarakat Islam.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga pendidikan baik dalam dan luar negeri dan juga lembaga-lembaga penelitian dalam pengembangan khazanah keislaman dan pengembangan serta pemberdayaan pemberdayaan masyarakat Islam.

 

Tujuan

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional dalam mengembangkan masyarakat Islam.
  2. Menyiapkan peserta didik yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan keislaman, dan teknologi yang berlandaskan ajaran Islam.
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan keislaman, teknologi dan seni yang berlandaskan ajaran Islam, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan pemberdayaan dan taraf kehidupan masyarakat Islam.
  4. Menghasilkan sarjana Muslim yang mampu mengidentifikasi, menganalisis dan memberikan solusi yang konstruktif dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan umat Muslim, dan dapat memberikan kontribusi aktif dalam pengembangan masyarakat Islam.

 

Profil Lulusan

  1. Pengembang masyarakat (community development worker), di antaranya sebagai
  1. Pengelola program-program pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan di instansi-instansi pemerintah
  2. Pengelola Corporate Social Responsibility (CSR) di perusahaan-perusahaan swasta
  3. Pengelola lembaga-lembaga sosial
  1. Pelaku kewirausahaan sosial
  2. Tenaga kesejahteraan sosial (social worker)
  3. Penyuluh masalah-masalah sosial-keagamaan
  4. Peneliti bidang sosial-keagamaan
  5. Akademisi bidang sosial-keagamaan