Layanan Konseling Individu Pada Kasus Perilaku Agresif Siswa: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.32678/alshifa.v6i1.82Keywords:
Konseling Individu, Perilaku AgresifAbstract
Perilaku Agresif pada siswa merupakan permasalahan yang sering terjadi di ruang lingkup sekolahan. Perlakuan yang dapat menyakiti dan merugikan orang lain dari segi fisik maupun psikis. Seperti contoh perilaku agresif fisik, memukul atau perkelahian dan agresif fisik seperti mencaci maki, berkata kasar dan iri dengki. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan korelasi layanan konselng individu pada perilaku agresif. Metode penelitian ini menggunakan Literature Review dengan bantuan aplikasi Harzing Publish or Perish dan Mendeley for Dekstop. Masing masing variabel menemukan 100 artikel dengan kata kunci layanan konseling individu dan 100 artikel dengan kata kunci perilaku agresif. Setelah proses ekstraksi terdapat 15 artikel tentang layanan konseling individu dan 15 artikel yang berkaitan dengan perilaku agresif. Temuan utama penelitian ini menyatakan bahwa layanan konseling individu dapat menurunkan perilaku agresif siswa. Signifikansi penelitian ini adalah memberikan tambahan pengetahuan baru bagi akademisi dan praktisi pendidikan khususnya di bidang bimbingan konseling bahwa layanan konseling individu yang dilakukan dengan intens dan benar akan mengurangi bahkan bias menghilangkan perilaku agresif dalam diri siswa
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kresna Aditya Sandy, Mafruhah, Adirasa Hadi Prasetyo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.